Cara Backup Data / File Di HP Android Dengan Aman - Hapecanggih.com

Cara Backup Data / File Di HP Android Dengan Aman

Bagi sebagian pengguna smartphone mungkin jarang yang melakukan backup data di android mereka. Padahal langkah tersebut sangatlah penting, hal ini untuk meminimalisir hilangnya file penting di dalam ponsel kamu. Entah itu terhapus karena setelah melakukan hard reset, flashing, atau mungkin ganti custom ROM.

Tidak ada yang pernah bisa menebak kapan ponsel android kamu mengalami error, untuk itu selalu mencadangkan data secara rutin merupakan langkah paling tepat untuk menghindari hal-hal yang tidak kamu inginkan.

Sehingga saat ponsel mengalami masalah dan diharuskan melakukan install ulang atau reset data pabrik. Kamu masih bisa merestore file di android seperti semula, baik itu data game, aplikasi, foto , musik, video maupun dokumen.

cara backup data android

Cara backup semua data di ponsel android


Sebenarnya android sendiri sudah dibekali fitur bawaan untuk membackup data secara otomatis, namun bagi pengguna awam jarang yang mengaktifkan fitur tersebut. Metode cara mencadangkan file android terbagi menjadi dua macam yaitu dengan rooting dan tanpa root.

Untuk mana yang lebih simpel, sebenarnya tergantung selera dan kondisi dari smartphone saja. Jika kondisi ponsel belum di root maka ada baiknya membakcup data android tanpa root adalah cara paling tepat.


Cara backup file android tanpa root


Metode pertama yang bisa kamu lakukan untuk membackup file android yaitu tanpa root. Dimana kita akan memanfaatkan fitur bawaan android untuk mencadangkan semua data yang tersimpan di ponsel dengan cara menyinkronkannya.

Untuk beberapa ponsel terbaru biasanya sudah ada Google Drive nya, namun jika belum kamu bisa menggunakan Google Backup untuk menyalin semua file ke dalam akun Google kamu. Berikut langkah-langkahnya.

1. Silahkan masuk ke menu Setelan.


2. Kemudian pilih menu Setelan Tambahan.

3. Geser kebawah dan temukan opsi Buat cadangan & setel ulang.


4. Berikutnya aktifkan menu Mencadangkan dataku, pada bagian Akun cadangan silahkan pilih akun email yang akan dijadikan tempat untuk menyimpan file tersebut.


5. Setelah melakukan pengaturan seperti diatas, maka secara otomatis data kamu akan di sinkronkan ke akun Google kamu. Nah, agar fitur bisa berjalan jangan lupa untuk mengaktifkan selalu data internet kamu, karena fitur ini membutuhkan koneksi data.

6. Kembali ke menu utama Setelan, lalu pada Tab Akun pilih Sinkron.


7. Kemudian aktifkan fitur Sinkron agar bisa mencadangkan data secara otomatis.


Catatan : "Contoh Settingan diatas kami ambil dari hp Xiaomi, untuk kamu pengguna ponsel merk lain bisa menyesuaikan dengan mencari menu yang hampir mirip dengan menu diatas".


Cara backup data android dengan aplikasi


Selain menggunakan cara diatas, masih ada beberapa metode backup file android lagi yang juga cukup ampuh yaitu dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga. Aplikasi tersebut bernama App Backup Restore Transfer.

Aplikasi yang dikembangkan Truslook Securty Lab ini memiliki fungsi untuk backup dan restore file android ke dalam Memory Card ataupun Cloud Storage. Untuk tutorialnya kamu bisa mengikuti langkah-langkahnya dibawah ini.

1. Pertama silahkan download aplikasi App Backup Restore Transfer di smartphone android kamu.
2. Setelah terinstall buka aplikasinya, kemudian silahkan centang aplikasi dan game mana yang ingin kamu backup.


3. Tentukan lokasi penyimpanan data cadangan tersebut, pilih Google Drive jika ingin menyimpannya di Cloud Storage, atau pilih Cadangkan jika kamu ingin menyimpannya di memory eksternal.

4. Dalam kondisi default penyimpanan utama yang akan digunakan adalah memori internal ponsel, untuk itu kamu harus merubahnya terlebih dahulu dengan cara mengklik icon garis tiga yang ada dipojok kanan atas.


5. Kemudian pilih menu Penyimpanan saat, dan pilih memory Kartu SD sebagai penyimpanan utamanya.


Dengan menggunakan metode ini kamu bisa membackup data android tanpa PC, sehingga caranya akan lebih mudah dan cepat. Namun kekurangannya tidak semua data ponsel bisa kamu simpan, seperti contohnya file musik, foto, video, SMS dan dokumen.


Cara backup data android ke PC secara manual


Meskipun sedikit ribet, namun menurut kami membackup data ke laptop / komputer adalah cara yang paling bagus. Pasalnya dengan menggunakan PC kamu bisa mencadangkan semua jenis file penting seperti gambar, video, dokumen maupun musik.

1. Siapkan perangkat PC, kabel data ori bawaan, dan smartphone yang ingin kamu backup filenya.

2. Hubungkan ponsel android ke komputer, dan tunggu hingga terdeteksi dengan sempurna.

3. Jika sudah terdeteksi maka di Status Bar android kamu akan muncul opsi, silahkan pilih opsi Mode Storage (MTP).

4. Langkah terakhir silahkan copy semua file yang ingin kamu backup dan paste ke dalam Drive PC.

Oh iya, untuk mempermudah proses transfer atau restore file, kamu bisa menggunakan bantuan aplikasi Shareit yang bisa kamu unduh secara gratis melalui Play Store.


Akhir Kata


Dari sekian metode cara backup data android diatas merupakan kumpulan tutorial paling simpel yang bisa kamu coba. Dengan begitu kini kamu tidak perlu kawatir lagi jika suatu saat terjadi masalah pada ponsel kamu, karena kamu bisa melakukan restore file penting kamu kembali dengan aman.

Jika kamu merasa artikel ini bermanfaat, jangan lupa untuk share postingan ini ke teman-teman kamu ya, sampai jumpa di tips-tips menarik berikutnya :).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel